Top Social

6 Cara Menutrisi Jiwa dan Hati

February 3, 2017

Assalamualaikum...

Jum'at Mubarak...

Setiap hari kita makan dan minum, memenuhi kebutuhan nutrisi raga kita setiap hari. Kita begitu takut kalau-kalau nanti tubuh kita sakit. Aktifitas kita terganggu atau bahkan tidak bisa beraktifitas sama sekali. Apalagi melihat penyakit jaman sekarang banyak sekali yang sangat dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup. Kita sibuk memfilter makanan apa yang masuk kedalam tubuh namun kita lupa bahwa bukan hanya raga kita yang memerlukan asupan nutrisi tapi jiwa kita juga memerlukannya. Jiwa kita hati kita juga memerlukan nutrisi. Dan kita juga harus memenuhi haknya dengan memberi asupan ruhani untuk jiwa kita.


"Ingatlah bahwa didalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati(Jantung)." (HR. Bukhori no.52 dan Muslim no. 1599)

Hadist diatas menunjukan betapa pentingnya memelihara hati kita. Menjadi kewajiban kita untuk menjaganya dari hal-hal yang tidak baik.

Asupan nutrisi apa yang bisa kita lakukan untuk menjaganya?

❤️️ Tilawah Al-qur'an
Istiqomah membaca Al-qur'an dan mempelajari terjemahnya untuk memupuk keimanan kita setiap hari.

❤️️ Berdzikir
Dengan selalu mengingat Allah, kita akan selalu merasa dekat dengan Allah. Sesungguhnya Allah itu dekat, lebiih dekat daripada urat nadi kita bukan? Hanya saja kita yang seringkali menjauh dari-Nya.

❤️️ Majelis Ilmu
Dengan rutin mengikuti kajian di majelis ilmu, pengetahuan kita juga semakin bertambah. Keimanan kita akan terus naik.

❤️️ Berteman Dengan Orang-Orang Shaleh
Ini yang saya rasakan, ketika saya berteman dengan orang-orang yang semangat ibadahnya luar biasa. Energy positif mereka menular ke saya. Saya menjadi semangat untuk mencari ilmu, dan beribadah. Tidak mau kalah dengan mereka yang selalu memperbaiki kualitas ibadahnya.

❤️️ Tadabur Alam
Saya suka sekali travelling, hobby saya nomor 2 setelah membaca hehehe.. Setelah travelling ke alam luar biasanya rasa syukur kita bertambah. Melihat Maha Besar nya Kekuasaan Allah selalu memberi energy tersendiri untuk saya.

❤️️ Mendengarkan Musik Positif
Tau channel mupos di radio MQ? yang suka dengerin MQ radio pasti tau. Terlepas dari halal atau haram nya mendengarkan musik dalam Islam. Musik positif untuk saya juga bisa memberikan semangat dikala mood saya sedang down. Mungkin karena liriknya yang menyentuh hati *ini emang sayanya yang gampang melow* hehehe..

Kurang lebih itu beberapa cara saya memberikan nutrisi untuk jiwa saya..


Bagaimana dengan kamu?

Post Comment
Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini :)