Saturday, November 12, 2016

Matrikulasi IIP : Nice HomeWork #4


MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH

Rasanya makin kesini Nice Homeworknya makin menguras otak dan hati 😀 menguras otak karena secara tidak langsung kita dituntut untuk berpikir dan mencari jati diri dan peran masing-masing. Jujur saja, sebelum saya ikut matrikulasi ini bahkan saya tidak tahu apa visi misi keluarga saya. 😑 

Mendidik anak dengan kekuatan fitrah.
Anak itu bukanlah kertas yang kosong akan tetapi sudah ada satu goresan tauhid. Fitrah goresan inilah yang harus dijaga. Dan tidak ada warna terbaik untuk anak-anak kecuali shibghotalloh.
Untuk menjaga fitrahnya diperlukan banyak tangan, kita tidak bisa menjaganya seorang diri. - SH-
Selama ini banyak menganggap bahwa anak itu ibarat kertas kosong. Ternyata tidak. Pada diri masing-masing anak yang terlahir kedunia sudah ada fitrah. Fitrah itu fitrah tauhid, mengakui keesaan Allah atau kecenderungan untuk mentauhidkan Tuhannya.


Dalam Al-quran kata fitrah disebut beberapa kali dalam beberapa bentuk.
Ada yang menyebutkan juga bahwa fitrah adalah tabiat alami yang dimiliki manusia. Beberapa fitrah yang dibawa anak sejak lahir diantaranya Fitrah Ilahiyah, Fitrah Belajar, Fitrah Bakat, Fitrah Perkembangan, Fitrah Seksualitas dll.

Sebelum beranjak ke mendidik anak sesuai fitrahnya. Saya harus memahami terlebih dahulu fitrah saya sebagai seorang ibu. Dan di tugas NHW #4 ini saya harus mereview ulang NHW sebelumnya, apakah ada yang diperbaiki atau mungkin ditambahkan untuk kemudian di NHW #4 ini saya mulai menetapkan langkah awal dan milestone untuk mencapai apa yang telah saya tetapkan yaitu yang menjadi visi misi keluarga. 

To do list di NHW #4 :

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1, apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
➡️ Di NHW #1 saya memilih bidang pendidikan anak sesuai Al-qur'an dan Hadist. Dan saya ingin tetap fokus pada bidang ini.

b. Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
➡️Hal yang paling sulit untuk saya adalah konsisten mengerjakan apa yang telah saya buat. Dimana terkadang suasana hati berubah dan semangat naik-turun. Tapi saya terus berusaha menemukan cara untuk mengatasi semua kendala terutama saat semangat saya sedang turun.

c. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
➡️ Di NHW #3 saya berpikir Allah menempatkan saya dilingkungan saya saat ini adalah untuk berkontribusi memperbaiki kualitas pendidikan. Mungkin di NHW #3 saya belum spesifik menyebutkan bidang pendidikan apa. Sesuai dengan apa yang telah saya pilih sebelumnya, maka fokus saya adalah pada pendidikan anak sesuai Al-qur'an dan Hadist.
Hal yang paling menyenangkan untuk saya adalah membaca. Dan saya akan lebih senang lagi ketika kebiasaan membaca saya ini menular kepada orang lain terutama orang-orang terdekat saya. Menurut saya ini adalah salah satu modal awal untuk memulai peran saya.

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
➡️ Untuk bisa menjadi ahli di bidang pendidikan anak sesuai Al-Qur'an dan Hadist tersebut maka saya harus menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai diantaranya :
  1. Ilmu Parenting mencakup didalamnya Pendidikan Anak Sesuai Fitrah, Pendidikan Anak Sesuai Al-Qur'an dan Hadist.
  2. Ilmu seputar manajemen waktu, manajemen pengelolaan diri termasuk manajemen pengelolaan emosi.
  3. Ilmu seputar pengelolaan minat dan bakat.
  4. Ilmu tentang berbagi dengan orang lain.
Sebenarnya tahapan ilmu diatas mengacu pada kurikulum IIP ( Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, dan Bunda Shaleha )


e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
➡️Tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan? Ketika saya baru memulainya di usia 26tahun maka untuk menguasai bidang ilmu yang akan saya pelajari adalah dengan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang bidang tersebut. Berikut estimasi milestone dengan pembagian waktu 4jam/hari :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Mengumpulkan berbagai sumber dan mempelajari seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 ( tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 2 – KM 3 ( tahun 3 ) : Mengumpulkan berbagai sumber dan mempelajari seputar Cekatan
KM 3 – KM 4 ( tahun 4 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 5 – KM 6 ( tahun 5 ) : Mengumpulkan berbagai sumber dan mempelajari seputar Produktif
KM 6 – KM 7 ( tahun 6 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 7 – KM 8 ( tahun 7 ) : Mengumpulkan berbagai sumber dan mempelajari seputar shaleha
KM 8 – KM 9 ( tahun 8 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
➡️ checklist yang sudah dibuat di NHW #2 memang masih harus diperbaiki dan juga menambahkan checklist milestone diatas. Dibuat dalam bentuk form untuk mempermudah controlling dalam mengerjakan setiap task nya.

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
➡️ Just DO It
"Lakukan saja meskipun anda belum paham, karena Allah lah yang akan memahamkan anda lewat laku kehidupan kita"
Yup, kunci dari ini semua adalah dengan melakukan nya sebaik mungkin.
"Just do the best, then let Allah do the rest" 

Semoga Allah selalu meridhoi setiap langkah kita.



-kireyhikari-

1 comment:

  1. Semangat mom! salut buat semua mommy di dunia :)

    ReplyDelete