Saturday, December 03, 2016

Matrikulasi IIP : Nice HomeWork #7


TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

Alhamdulillah setelah sebelumnya melewati tahapan "Bunda Sayang" dan "Bunda Cekatan" sekarang saatnya menuju tahapan selanjutnya "Bunda Produktif".
Ketika mendengar kata Bunda Produktif, hal pertama yang muncul dalam bayangan saya adalah seorang Ibu yang aktif dan "menghasilkan". Menghasilkan dalam bayangan saya ini tentunya berupa materi. Itulah bayangan pertama yang muncul di otak saya. 

But, I was WRONG!

Bunda produktif adalah bunda yang senantiasa menjalani proses untuk menemukan dirinya, menemukan "Misi Penciptaan" dirinya dimuka bumi ini, dengan cara menjalankan aktifitas yang membuat matanya "Berninar-binar"😍 ( Materi IIP )

Tidak salah memang jika kita beranggapan bahwa semua aktifitas bunda produktif adalah proses ikhtiar menjemput rejeki. Dan semua aktifitas ini adalah untuk meningkatkan kemuliaan hidup.

"Karena REJEKI itu pasti, KEMULIAANLAH lah yang harus DICARI" ( Materi IIP )
Karena itu,
Bunda produktif di Ibu Profesional tidak selalu dinilai dengan apa yang tertulis dalam angka dan rupiah, melainkan apa yang bisa dinikmati dan dirasakan sebagai sebuah kepuasan hidup, sebuah pengakuan bahwa dirinya bisa menjadi Ibu yang bermanfaat bagi banyak orang ( Materi IIP )
Dan inilah langkah saya menuju Bunda Produktif. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui tipe kekuatan diri ( strength typology ).
Tiga kali saya melakukan test ST-30 dengan beberapa hasil yang berbeda. Berikut lampiran nya:


Awalnya saya kurang yakin dengan hasil test ST-30 yang pertama jadi saya lakukan test itu sampai 3 kali. saya sempat ragu juga ketika membaca hasilnya. Sampai akhirnya kemarin saya ikut kopdar untuk membahas materi ini. Dan Alhamdulillah sudah lebih tercerahkan. Kuncinya adalah saya harus mencari benang merah antara hasil test ST-30 dengan NHW sebelumnya. Karena sebenarnya test ini hanyalah tools untuk membantu saya menemukan potensi kekuatan saya.
Setelah saya melihat lagi kebelakang, berpikir, mencari, meraba-raba apa yaa yang paling "GUE BANGET" Saya lihat lagi hasil test ini berulang-ulang mencocokan sampai akhirnya "AHA" ternyata ini yang membuat saya merasa easy, enjoy, excellent, bahkan earn ( kepuasan tersendiri ).
Dari ketiga hasil test ST-30 ini terlihat ada beberapa potensi kekuatan saya, dan saya memang menyukai semuanya. Tapi dari semua hasil test itu yang saya rasa paling cocok adalah educator, caretaker, dan motivator. Menjadi kesenangan tersendiri untuk saya ketika saya berhasil mengajarkan sesuatu kepada orang lain, berhasil memberikan motivasi yang baik untuk orang lain, berhasil melihat mereka berhasil.
Sesuai dengan bidang yang telah saya pilih di NHW sebelumnya, maka potensi ini akan saya gunakan untuk mendidik anak saya ataupun anak-anak lain nya yang bisa saya ajari. Semoga Allah memudahkan jalannya :)

Tahapan selanjutnya adalah saya harus membuat kuadran aktifitas.

Semoga ikhtiar ini beroleh keberkahan...

-kireyhikari-

No comments:

Post a Comment