Top Social

Bijak Menggunakan Internet dan Sosmed

January 22, 2017
Di jaman yang serba canggih ini, dimana semua informasi bisa diakses dengan cepat dan mudah tanpa harus keluar rumah hanya dengan menggunakan akses internet. Belum lagi ditambah aplikasi yang disediakan para apps developer membuat kita semakin betah berlama-lama didepan gadget. Lima menit sepuluh menit sampai akhirnya tidak terasa berjam-jam waktu kita habis didepan laptop atau PC.
Ah dunia memang sudah canggih. Ingat dulu waktu kecil dan belum ada internet? Bisa seharian kita diluar rumah, bermain dengan teman-teman sebaya. Tertawa riang menghabiskan waktu bersama.
Sekarang, yang ada kita sibuk mengurung diri di dunia maya.
Rindu rasanya masa-masa itu.
Adanya Internet terutama aplikasi-aplikasi socmed memang membawa berbagai perubahan dalam hidup kita. Ada positif dan ada juga negatifnya.

Apa positifnya?
1. Kecepatan Akses Informasi
Dengan adanya Internet dan social media, Kita  bisa mengakses informasi secara real-time. Informasi yang disampaikan sesuai dengan kondisi yang terjadi pada saat itu.
2. Kemudahan aksesibilitas
Hanya dengan bermodalkan HP dan Internet saja kita sudah bisa dengan mudah mengakses berbagai macam informasi. Belum lagi fitur-fitur aplikasi yang selalu update mengikuti perkembangan kebutuhan.
3. Kemudahan Sarana Telekomunikasi
Hey, sekarang kita bisa dengan mudah saling-sapa bahkan dengan orang-orang di luar negeri sana.
4. E-commerce
Untuk seorang enterpreneur, internet dan socmed menjadi sarana yang bagus untuk mempromosikan produk mereka.
Itu empat contoh manfaat atau dampak positif dari adanya Internet dan social media.
Lalu apa dampak negatif nya?
1. Kebenaran Informasi
Terlalu banyak informasi yang bisa dengan mudah dishare setiap orang terlepas dari kebenaran informasi itu sendiri membuat informasi menjadi Simpang siur. Dan terkadang membuat orang menjadi ragu akan kebenaran informasi tersebut. Sampai-sampai saat ini ada komunitas yang menamakan dirinya anti-hoax saking sudah terlalu banyaknya berita hoax berseliweran.
2. Mendekatkan yang jauh - Menjauhkan yang dekat
Kadang kita terlalu asik dengan gadget masing-masing. Berinteraksi dengan orang yang jauh disana lewat socmed, sedangkan orang yang jelas-jelas didepan mata malah tidak kita sapa. Lumayan sering loh, saya melihat orang-orang berkumpul ditempat yang sama namun mereka asik dengan gadget masing-masing. Miris bukan?
3. Sarana Ghibah dan Riya
Kemudahan socmed ini secara tidak sadar membentuk perilaku yang tidak baik untuk sebagian orang. Tidak jarang kan melihat postingan-postingan atau status socmed yang isinya membicarakan sesuatu yang tidak seharusnya atau tidak pada tempatnya.
Jadi, bijaklah menggunakan Internet dan Socmed yaa..
Kembali lagi pada pribadi masing-masing. Kamu termasuk pengguna yang mana?
Post Comment
Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini :)