Top Social

Aliran Rasa Melatih Kemandirian Anak

March 18, 2017
Materi kedua kelas Bunda Sayang, "Melatih Kemandirian Anak"
Tantangan kedua ini mengharuskan saya untuk menumbuhkan sikap kemandirian Aro dengan membuat list kemampuan Kemandirian selama 10 hari.
Melatih kemampuan kemandirian Aro membuat saya kembali berkaca, apakah saya cukup mandiri sebagai orang tua dan bisa memberikan contoh yang baik untuk Aro?
Pertanyaan itu yang pertama kali muncul ketika saya memulai tantangan ini.
Awalnya saya merasa tidak yakin dengan jawaban akan pertanyaan itu, saya merasa kurang percaya diri. Tapi akhirnya saya singkirkan jauh-jauh pikiran itu, dengan tetap mengambil sisi positif nya. Untuk menjadi contoh yang baik untuk Aro, saya tidak boleh berhenti memperbaiki kualitas diri saya sebagai orangtua.
Kembali ke tantangan melatih kemampuan kemandirian untuk Aro.
Saya tidak menargetkan Aro harus lulus dengan sempurna untuk setiap skill yang saya terapkan. Karena poin yang penting menurut saya di tantangan kali ini adalah, membersamai setiap prosesnya terlebih memberikan kepercayaan kepada Aro bahwa saya percaya dia bisa melewati setiap prosesnya.
Di tantangan ini kami saling membangun kepercayaan satu sama lain. Tidak peduli dengan hasilnya, yang saya apresiasi adalah kemamuan Aro untuk mencoba walaupun dia gagal melakukannya beberapa kali tapi itu tidak membuat dia berhenti untuk mencoba sampai akhirnya dia bisa melakukannya.
Sangat terlihat sekali ekspresi senang Aro ketika dia berhasil melakukan sesuatu hal dengan benar. Tawa khas nya memberi kebahagiaan tersendiri untuk saya.
Walaupun tantangan ini tidak mudah karena sangat menuntut konsistensi, motivasi, dan keteladanan saya melatih Aro tapi saya yakin suatu saat nanti Aro akan menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri.
Karena dengan melatih Kemandirian Aro sejak kecil, saya berharap kelak ia bisa berguna untuk orang banyak.
Post Comment
Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini :)