Thursday, April 20, 2017

Tantangan 10 Hari "Gaya Belajar Anak"


Bismillahirrahmanirrahim​...
Memasuki materi ke-4 tentang gaya belajar anak. Jujur, untuk saya sendiri masih ragu apa gaya belajar saya. Dulu saya merasa saya adalah tipe visual karena lebih mudah menghapal sesuatu dengan menggunakan gambar atau bagan yang berwarna-warni. Tapi semakin kesini ketika membaca buku, saya lebih suka membaca nya dengan bersuara. Itu berarti saya tipe audio kan? Jadi kemungkinan besar gaya belajar saya adalah audio visual.
Dan di tantangan ke-4 ini saya harus mengamati gaya belajar anak saya. Tebakan saya di awal gaya belajar Aro adalah visual. Bener ngga ya?? Saya akan coba mengamati lebih seksama selama 10 hari kedepan.


#Hari ke-1, 20 April 2017
Kegiatan Aro yang saya amati di hari ini adalah ketika kami sedang melakukan ritual sebelum tidur, yaitu menonton film kesukaan Aro. Dan film yang dipilih dia kali ini adalah film "Good Dinosaur". Dia akan asyik ( baca: anteng) ketika menonton. Lalu sewaktu adegan Arlo ( si Dino nya) dan spot meniup tanah yang keluar entah tikus tanah atau apa. Aro langsung berseru menunjuk binatang yang keluar dari tanah. Lalu saya bilang itu tikus tanah ya, hidup nya dibawah tanah. Dia tiba-tiba teringat salah satu buku ceritanya yang berisi hewan-hewan yang didalamnya ada tikus tanah.
"Iya" saya bilang, itu sama yaa sama yang di buku cerita Aro. Lalu dia jawab, "Iya" sambil mengambil buku cerita lain dan meminta saya membacakannya. Dan film Dino pun diabaikan hahaha..
Dari situ saya melihat, dia teringat sesuatu ketika melihat suatu gambar. Dan perhatian nya gampang teralihkan oleh hal lain, ketika dia teringat sesuatu hal.
Apakah ini salah satu ciri gaya belajar visual?
#Hari ke-2, 21 April 2017
Kemarin saya berpikir kalau aro tipe pembelajar visual. Lalu saya teringat ketika dia meminta saya membacakan buku cerita Thomas (lagi).
Dia meminta saya membacakan buku ceritanya.
Dari materi yang saya baca, tipe auditori salah satu ciri nya adalah lebih suka meminta dibacakan dari pada membaca sendiri. Tapi kan Aro belum bisa baca ya.. hehe..
Masih sedikit bingung membedakan nya.
#Hari ke-3, 22 April 2017
Hari ini kami berangkat ke Jakarta, jadi belum ada yang bisa saya amati dari Aro. Tapi sepanjang jalan dia senang sekali ketika melihat truk-truk besar dan mobil-mobil pengeruk. Lalu akan berseru girang memanggilnya dan menghitungnya.
Tidak banyak yang bisa saya amati hari ini. 
#Hari ke-4, 23 April 2017
Minggu ini kami pergi ke Taman Legenda, karena Aro sangat suka dengan dinosaurus. Saya pikir dia akan suka kalau saya ajak dia melihat dinosaurus.
Ternyata....
Dia takut! 
Sepanjang jalan ketika lihat Dino minta digendong, kebayang kan gendong bocah 14kg 
Setelah itu dia bermain pasir. Saya mencoba membiarkan dia bermain sendiri tanpa saya temani. Awalnya rewel, tapi lama-lama dia mau main sendiri.
Dan setelah selesai bermain pasir malah dia yang mengajak melihat Dino lagi.
Kali ini dia mau lihat Dino tanpa di gendong. Ah, akhirnya dia berani juga. Tapi ketika melewati suara berisik dari Dino nya dia tutup telinga. Mungkin dia masih takut dengan suara-suara aneh dari Dino nya.
Kesimpulan hari ini, dia adalah tipe anak yang harus mengamati terlebih dahulu sesuatu.
Eh, tapi termasuk visual, auditori atau kinestetik ya? 
#Hari ke-5, 24 April 2017
Amati amati amati. Sampai hari ini masih bingung dengan tipe gaya belajar Aro. Atau mungkin karena masih anak-anak jadi lebih sudah dan berubah-berubah ya.
Hari ini dia aktif sekali, dia bermain kesana kemari. Saya agak susah mau mencoba belajar sesuatu ke Aro, karena fokus dia cuma sebentar dan mudah teralihkan oleh hal lain. Kecuali ketika dia bermain dengan mainan kereta nya, itu bisa anteng.
#Hari ke-6, 25 April 2017
Oke hari ini kami bermain "Tiru gerakan bunda"
Saya mencontohkan beberapa gerakan tarian sambil bernyanyi. Berharap dia bisa menirukan gerakan saya, tapi ternyata malah diketawain.
Bahahahhaa..
Permainan "Failed"
#Hari ke-7, 26 April 2017
Karena malah makin bingung bagaimana mencari tau tipe gaya belajar aro, saya baca kisi-kisi nya di buku Bunda Sayang. Disitu dijelaskan salah satu nya bisa diamati melalui ekspresi mata ketika sedang berpikir atau berbicara.
Lalu saya ajak Aro berbicara tatap muka dengan saya, ternyata dia sering menggerakkan mata nya ke atas kalau berpikir sesuatu. Menurut buku, itu salah satu ciri tipe gaya visual.
#Hari ke-8, 27 April 2017
Bertambah lagi ciri visualnya, tapi saya masih penasaran kalau aro juga kinestetik. Karena Aro senang bergerak kesana kemari dan selalu ingin langsung menyusun mainan mega blocks nya tanpa melihat contoh cara menyusunnya.
#Hari ke-9, 28 April 2017
Singing singing all day long. Akhir-akhir ini Aro lagi seneng nyanyi. Sering juga nyuruh saya untuk nyanyi dan harus sambil tepuk tangan. Dia akan lebih cepat hapal kosa kata dengan bernyanyi dari pada kosa kata yang sengaja saya ajarkan langsung.
#Hari ke-10, 29 April 2017
Day 10...
Boleh pencet tombol bantuan ngga? Hahahaha
Sampai saat ini masih belum yakin dengan hasil pengamatan saya tentang tipe gaya belajar Aro.
Jadilah saya bertanya ke Ayahnya. Bukan nya tanya dari kemarin-kemarin yak! Hahaha..
Dan menurut ayahnya, Aro lebih termasuk ke visual auditori. Jadi dominan dua gaya itu.
Saya juga berpikir begitu, Aro tipe visual auditori. Kenapa? Karena dia lebih mudah saya ajarkan sesuatu dengan gambar, tapi juga dengan penjelasan langsung dengan intonasi yang menyenangkan.
Demikian 10 hari pengamatan ini, ada kemungkinan bisa berubah lagi karena katanya tipe gaya belajar bisa berubah dipengaruhi oleh beberapa faktor.
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment