Top Social

Buka Bersama, Yay or Nay?

May 7, 2019

Alhamdulillah bisa kembali dipertemukan dengan bulan ramadan. Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah shaum dengan maksimal, dan memperoleh keberkahan ramadan. Karena sejatinya, berkah ramadan itu yang dicari. Berkah doa dan ampunan dari-Nya.

Apa coba yang dikangenin selama shaum di bulan ramadan? Yak benar, buka bersama salah satunya.
Dulu, waktu masih single ramadan nya baru dimulai tapi jadwal buka bersama udah padat aja hahaha.. Buka bersama dengan teman SMP lah, SMA lah, kuliah, ataupun teman kerja. Dan emang seseru itu, buka shaum rame-rame, menikmati setiap ke-hectic-an nya.

Tapi, setelah berkeluarga semua itu berubah. Apalagi kalau udah ada anak. Mau buka bersama diluar yak koq males. Mungkin karena itu, sekarang ajakan buka bersama jadi berkurang, bahkan hampir gak ada. Wkwkwkwk.. Udah gak laku karena udah keseringan juga engga ikut kalaupun diajak. Jadi mungkin pada kapok, udah lah ga usah diajak sekalian hahaha.

Terlepas dari itu, menurutku ada beberapa hal yang perlu diperhatiin kalau mau buka bersama. Karena ini penting menurut saya, yuk kita bahas:

1. Sholat Magrib
Sebelum kamu meng-oke-kan ajakan buka bersama, coba cek n ricek dulu tempat kamu mau bukber. Deket mesjid ngga? Atau minimal ada musholla nya ngga? Jangan sampai shaum kamu sia-sia, terlalu sibuk buka bersama sampai yang wajib nya dilupakan. Engga lucu kan?

2. Bawa bekal minum atau cemilan
Biasanya, tempat-tempat makan itu bakalan penuh banget di jam-jam nya maghrib. Dan itu bikin pelayanan mereka lebih lama. Pernah tuh dulu, makanan baru dateng abis isya. Wkwkwk. Nyiksa diri namanya. Jadi, buat antisipasi hal seperti ini lebih baik bawa bekal minimal minum buat ngebatalin nanti.

3. Kids friendly
Nah ini amat sangat penting buat yang udah berkeluarga. Pastiin juga tempat makan yang ramah anak. Jangan sampai orangtua sibuk sendiri, dan anak-anak pada cranky.  Biasanya anak-anak lebih rewel kalau di tempat yang terlalu ramai. Jadi, usahakan memilih tempat yang lebih tenang, aman, dan nyaman, demi kemaslahatan ortu dan anak. Hahahaha.

4. Waktu
Rencanakan waktu buka bersama seefisien mungkin. Dari mulai berangkat, usahakan diperkirakan lama perjalanan karena biasanya macet di jam mendekati maghrib. Jangan sampai datang telat. Udah cape-cape dateng eh yang lain udah pada selesai makan. Hahaha.

5. Makanan
Makan seperlunya aja ya, jangan semua dipesan. Hahaha. Biasanya suka pada kalap kan pengen ini pengen itu. Giliran udah datang semua makanan kekenyangan, dan jadi engga kemakan. Mubazir kan.

Itu sih beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau mau buka bersama. Yang paling penting adalah, bulan ramadan itu kesempatan buat kita lebih banyak ibadah. Jangan sampai moment ini dihabiskan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat atau bahkan membuat kita lalai.

Buka bersama boleh asalkan bukan buka bersama mantan #eh maksudnya tidak melalaikan yang wajib. Apalagi niat mau silaturahmi kan sebenarnya baik ya. Jadi direncanakan dengan baik yaa dan ingat waktu.

Jadi, kamu Team mana nih?
Post Comment
Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini :)