Top Social

Masak Praktis dengan Panci Presto

June 3, 2019
Di zaman sekarang ini dimana ibu-ibu semakin multitasking hahaha.. mulai dari mengurus anak, suami, urusan domestik rumah, dan urusan sosialita. Tanpa ada art dirumag tentunya semua itu akan terasa berat jika dikerjakan seorang diri. Karena itu, kita harus pintar menyiasati hal-hal yang bisa dibuat lebih mudah dan praktis. Kenapa tidak? Urusan memasak contohnya, memasak makanan yang bisa memakan waktu banyak sekarang bisa dibuat lebih cepat. Dulu,  memasak rendang membutuhkan waktu berjam-jam. Sekarang bisa lebih cepat dan hemat dengan menggunakan panci presto. Canggih! Iya dong..

Sekarang, memasak dengan menggunakan panci presto sudah banyak digunakan. Berbagai merk panci presto pun sudah banyak beredar di pasaran. Mulai dari harga murah sampai yang mahal sekalipun.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan panci presto, karena memasak dengan menggunakan panci presto berbeda dengan Panci biasa. Salah-salah, bisa terjadi kecelakaan dirumah jika kita tidak benar menggunakannya.

Pada panci presto, terdapat tekanan uap yang membuat masakan matang lebih cepat. Penutup panci presto dibuat kedap udara ketika digunakan. Sehingga akan menghasilkan tekanan yang tinggi yang membuat suhu naik secara drastis. Hal ini menyebabkan makanan yang keras seperti daging menjadi lebih cepat lunak.

Kita juga harus memperhatikan waktu memasak. Jika biasanya kita meninggalkan makanan selama memasak, terutama ketika memasak daging, maka sebaiknya kita menggunakan timer atau alarm ketika menggunakan panci presto. Tidak ingin masakan kita malah jadi gosong kan?

Setelah selesai proses memasak dan mematikan kompor, kita biarkan dulu suhu panci turun, jangan langsung membuka tutup panci karena berbahaya. Uap panas yang keluar dari panci bisa melukai mata atau kulit kita. Bahkan pernah kejadian panci meledak sewaktu langsung dibuka. Pastikan tutup panci dalam kondisi baik ketika digunakan. Sehingga tidak ada uap yang keluar.

Merawat panci presto sebenarnya mudah, sama seperti peralatan dapur pada umumnya. Kita hanya perlu memastikan panci benar-benar bersih dari sisa makanan di setiap bagian nya hingga ke bagian karet penutup panci.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan panci presto.

Semoga bermanfaat.

Post Comment
Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini :)