Top Social

BPN #1 | 5 Manfaat Menulis Blog

November 20, 2018

Yeay, ini hari pertama ikutan BPN Challenge. Jadi Blogger Perempuan Network ngadain 30 days challenge buat nge-blog. Pas baca info nya langsung excited, kebetulan banget nih pengen rutin nulis blog lagi. Jadi, challenge nya itu setiap hari kita harus bikin satu blogpost yang tema nya udah ditentuin, selama 30 hari. Seru kan! doakan saya konsisten yaa..


Dan tema pertama adalah, Kenapa Menulis Blog?

Kalau ada yang nanya kenapa menulis blog? Eumm.. apa ya jawaban nya.. awalnya sih karena saya suka baca, lama-lama terbiasa membaca tulisan yang akhirnya jadi terbiasa juga membuat tulisan. Dari zaman sekolah dulu memang suka banget kalau lagi pelajaran bahasa, apalagi kalau udah disuruh membuat tulisan. Entah kenapa rasanya lebih ngalir aja gitu kalau bercerita atau ngungkapin sesuatu lewat tulisan. Mendeskripsikan orang, tempat, kejadian, lewat tulisan bener-bener beda sensasi nya ketika harus mendeskripsikan nya secara lisan. Suka tiba-tiba mandeg. Korban kebanyakan baca novel misteri ini sih, hahaha.

Mulai berkenalan dengan blog itu tahun 2009 kalau ngga salah. Blog yang pertama saya bikin itu buat tugas waktu kuliah, hahaha.. dari situ mulai kepo-kepo sama dunia blogging, wordpress, tumblr. Tapi nulis hanya sebatas buat curcol aja, sekarang juga sih. LOL.

Eh, kesini-kesini ternyata makin rame ya dunia per-blogger-an, dan aku ketinggalan banyak huhuhu... gapapa.. better late than never, iya ngga?

Jadilah sekarang ini pengen bisa rutin nulis lagi, karena menurut saya menulis itu banyak manfaat nya, terutama nulis blog. Apa aja sih manfaatnya?

1. Media Sharing
Sekarang ini gampang banget kan cari info sana-sini, tinggal googling, iya ngga? nah blogging ini bisa jadi salah satu media sharing yang oke. Udah banyak kan sekarang parenting blogger, beauty blogger, lifestyle blogger, sampai food blogger. Kece deh pokoknya!

2. Earn Money
Siapa disini yang concern ngeblog demi earn money?cuunngg... Blogging ini termasuk salah satu hobby yang bisa jadi money. Kenapa? karena dari blogging juga kita bisa ngehasilin uang, bisa dari Adsense, atau tawaran sponsored post. Enak kan, kita jalanin hobby terus bisa ngehasilin juga, siapa yang ngga mau coba?

3. Nambah Temen
Followers IG saya hampir setengahnya itu blogger, jadi kita saling follow sesama blogger. Apalagi sekarang banyak komunitas blogger, semakin banyak join komunitas semakin banyak nambah temen. Atau dari pembaca blog kita yang komen di blogpost itu juga bisa jadi temen. Makin banyak orang yang baca blog, temen kita makin nambah. Kalau dihitung-hitung ya, kayanya banyak juga temen saya yang awalnya dari nge-blog.

4. Media Penyaluran
Katanya nih ya, tapi lupa katanya siapa hahaha.. wanita itu perlu menyalurkan 20.000 kata per hari nya. Pantesan rata-rata wanita itu cerewet ya, hahaha..tapi emang bener sih, otak saya kaya muter aja isi nya mikirin ini itu sampe pusing. Atau misal lagi ada unek-unek apa, itu bakalan lebih plong setelah saya ceritain ke temen deket misal. Kalau ngga gitu, bakalan numpuk sampah emosi di dalam diri. Mending kalau emosi positif ya, lah kalau emosi negatif, gimana coba? Apalagi untuk pejuang LDM seperti saya, dimana pillow talk dengan suami sangatlah kurang *curcoldetected hahaha..

Jadi, blogging sebagai media penyaluran itu berguna banget buat saya as healing therapy.

5. Melek Teknologi
Teknologi makin kesini makin canggih termasuk blog. Banyak update fitur yang semakin memudahkan aktivitas nge-blog. Mau ngga mau kita juga harus update ilmu dong supaya bisa ngikutin perkembangan. Ngga mau kan dibilang kudet? hehehe.. Secara ngga langsung kita jadi banyak baca info tentang teknologi. Emak-emak millenial banget kan? hahaha

Sebenernya masih banyak manfaat menulis blog buat saya, kalau kalian gimana? apa manfaat nulis blog buat kalian? Sharing yuk di komen..

Happy blogging
Post Comment
Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini :)