Top Social

BPN #5 | Tentang Media Sosial

November 25, 2018

BPN30 day-5

Zaman sekarang siapa sih yang engga main socmed a.k.a sosial media. Teknologi udah makin canggih, banyak aplikasi yang diciptakan tidak lagi hanya untuk sekedar berkomunikasi tapi juga untuk berbagi. Berbagi informasi, pengalaman, dalam bentuk tulisan atau gambar.

Namun tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi ini belum dibarengi dengan bijaknya penggunaan sosmed. Tidak sedikit perilaku buruk bahkan kejahatan bermula dari sosmed. Orang-orang semakin baper-an tatkala message atau komen nya disalah satu sosmed belum dibalas.

(Baca: Bijak Menggunakan Socmed)

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika ber-sosmed?

1. Jaga Privacy
Tidak memposting hal-hal pribadi atau informasi penting yang bisa memancing kejahatan. Orang zaman sekarang banyak yang pinter keblinger, ada aja akalnya kalau buat niat jahat. Karena itu jangan pernah membagikan hal-hal yang sensitif di sosial media yang bisa dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

2. No HOAX
Saat ini sudah ada UU ITE untuk penebar berita hoax. Seperti dilansir dari berita Viva.co.id bahwa:

"Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto, menuturkan orang yang menebarkan informasi palsu atau hoax di dunia maya akan dikenakan hukum positif."
Hukum positif yang dimaksud adalah hukum yang berlaku. Maka, penebar hoax akan dikenakan KUHP, Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang No.40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta tindakan ketika ujaran kebencian telah menyebabkan terjadinya konflik sosial.
3. Hindari Konflik
Menghindari konflik dengan tidak memposting hal-hal berbau SARA, karena bisa mengundang perpecahan.

4. Hindari Pornografi
Banyak banget kan kasus pemerkosaan yang terjadi akhir-akhir ini. Ngeri ngga sih dengernya?
Kalau baca atau nonton berita tentang perkosaan kadang menjadi perdebatan, siapa yang salah? Bukan mencari kambing hitam sih maksudnya. Wanita jelas jadi korban, belum pernah denger kan ada laki-laki diperkosa oleh emak-emak? wkwkwk..
Karena memang laki-laki disuruh untuk menjaga pandangannya. Dan wanita, yuk bantu para lelaki juga untuk bisa menahan pandangannya dengan cara menjaga aurat kita dengan menutupnya dan tidak memamerkannya di socmed. Mari kita saling membantu untuk bisa menjaga kehormatan masing-masing.

5. Dampingan Orang Tua
Untuk orangtua supaya selalu mendampingi anak-anaknya ketika menggunakan sosial media. Berikan mereka pemahaman mana yng boleh mana yang tidak boleh. Berikan mereka kasih sayang dan penghargaan sehingga kebutuhan psikologi mereka terpenuhi sehingga mereka tidak mencari penghargaan itu di sosial media. Batasi penggunaan gadget untuk anak dibawah umur.

Yuk, mulai sekarang kita bijak ber-sosmed, dan jangan gampang baper ya..

Salam Sosmed positif.
Post Comment
Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini :)